Penginjilan Dengan Kuasa (2)

II. PENGINJILAN YANG BERKUASA

Kita akan melihat bagaimana penginjilan yang berkuasa yang dilakukan oleh Filipus yang tentunya dapat kita lakukan juga sekarang ini.

Kis 8:4-8

8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. 8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. 8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. 8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. 8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. Tuhan Yesus adalah contoh yang utama dari seorang pemberita Injil dan Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan hal tersebut.

Luk 4:18-19

4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Pemberitaan Injil berarti seorang yang mengabarkan berita yang baik. Pelayanan Filipus adalah sebagai diaken di gereja Yerusalem tetapi ia pergi ke Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang disitu. Syukurlah Filipus tidak mengeraskan hatinya dengan berkata: “Aku sama sekali tidak takut, aku tidak akan meninggalkan Yerusalem, aku sudah senang di Yerusalem, aku akan melawan aniaya ini.” Tetapi sebaliknya Filipus berkata: “Aku tidak akan mengeraskan hati Tuhan, kelihatannya aku musti keluar Yerusalem dan ini kesempatan bagiku untuk menggenapkan Amanat Agung.” Jadi Filipus pergi ke Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang disitu. Jadi isi berita Filipus adalah Tuhan Yesus sendiri satu Pribadi dan Filipus bukan mengabarkan doktrin atau theologi.

Kis 8:12

8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.

Filipus memberitakan Injil Kerajaan Allah dan Nama Yesus Kristus. Dan tentu saja Filipus juga memberitakan baptisan sehingga banyak laki-laki dan perempuan yang dibaptiskan. Filipus sangat mengerti bahwasanya keselamatan hanya terdapat dalam Nama Yesus.

Kis 4:12

4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Hasilnya pemberitaan Filipus disertai dengan tanda ajaib dan mujizat.

Kis 8:6 berkata: “Orang Samaria melihat tanda-tanda dan melihat roh-roh jahat diusirkan, orang lumpuh dan timpang disembuhkan.” Hasilnya mereka sangat sukacita, lalu mereka menerima Firman Tuhan. Orang Samaria lahir baru dan dibapiskan dalam Nama Yesus. Ini adalah pola penginjilan yang sejalan dengan pelayanan Tuhan Yesus.

Sebenarnya Filipus memakai keempat kunci dari Kisah Rasul yaitu: – Filipus suka berdoa – Filipus penuh Firman Tuhan – Filipus memakai Nama Yesus – Filipus penuh Roh Kudus Hasilnya satu pemberitaan Injil yang berkuasa dan diteguhkan Tuhan dengan kuasa dan tanda ajaib. Penginjilan seperti ini biarlah menjadi pola penginjilan kita juga pada akhir zaman ini karena demikian jugalah penginjilan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

Contoh: Penginjilan Charles Finney Charles Finney adalah seorang ahli hukum. Pada hari tuanya ia diselamatkan Tuhan, lahir baru, penuh Roh Kudus kemudian mulai penginjilan yang berkuasa seperti tertulis dalam buku Kisah rasul. Tiap-tiap kota yang didatanginya terjadi mujizat Tuhan yang luar biasa berupa pertobatan jiwa-jiwa, nighclub, bar, biskosp, rumah-rumah judi, rumah bordil, terpaksa ditutup karena tidak ada pengunjung lagi.

Begitu berkuasanya penginjilan Charles Finney sehingga orang-orang yang berjalan dijalan raya bisa dijamah oleh Roh Kudus sehingga mereka tergeletak. Kota-kota menjadi berubah karena Charles Finney mengadakan penginjilan dikota tersebut. Apakah rahasianya?

Rahasianya ialah berDOA dengan sungguh-sungguh. Charles Finney bersaksi beberapa hari sebelum KKR pada malam hari saya akan pergi ke hutan, disanalah saya mengerang dalam doa syafaat saya untuk kota yang akan saya Injili. Saya tidak dapat berdoa di rumah karena bisa saja orang menyangka saya sudah menjadi gila karena begitu kuatnya saya berdoa dan mengerang bahkan berguling-guling dilantai untuk keselamatan jiwa-jiwa.

Finney bukanlah seorang yang emosional. Ia seorang yang terpelajar, sarjana hukum, dan merupakan rektor dari satu Universitas yang besar tapi ia tidak malu untuk berguling-guling ditanah, mengerang, penuh dengan Roh Kudus, berbahasa Roh, menyanyi dalam Roh, menyembah dalam Roh ditambah lagi berdoa dengan sangat mengeluh untuk keselamatan jiwa-jiwa. Doa syafaat Charles Finney ini sangat berkuasa sehingga pada waktu dia berdiri dihadapan orang banyak Roh Kudus sudah menjamah hati jiwa-jiwa sehingga mereka bertobat bahkan jatuh tergetak, menangis bertobat dari dosanya dan mohon belas kasihan Tuhan.

Ini juga telah terjadi pada Filipus bahkan pada Stefanus juga kemudian pada Petrus, Yohanes dan kemudian Paulus. Semua pelayanan mereka didukung oleh doa yang sangat. Dan doa mereka menentukan kemenangan mereka. Kalau saudara mau mengadakan tanda ajaib dan mujizat dan rindu jiwa-jiwa diselamatkan tidak ada jalan lain melainkan mulailah berdoa, mengeluh dan mengerang dan mohon sungguh-sungguh keselamatan jiwa-jiwa dalam daerah saudara, kota saudara.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s